Sambutan Rektor

Sambutan Rektor ISTN

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Alhamdulillah hirobbil alamin, puji syukur ke hadirat Allah SWT, karena hanya atas rahmat, hidayah dan karunia-Nya saat ini perbaikan dan pengembangan ISTN di berbagai bidang telah berlangsung dengan baik.

Visi ISTN ke depan adalah menjadi institusi yang unggul dan berdaya saing tinggi dalam bidang sains dan teknologi berbasis riset dan inovasi di era global tahun 2025. Saat ini ISTN menghadapi berbagai macam tantangan yang cukup berat dalam upaya membangun jati dirinya sebagai Perguruan Tinggi yang handal dan berdaya saing tinggi terutama menghadapi adanya persaingan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Perbaikan dan pengembangan ini dilaksanakan dalam rangka perintisan dan penguatan daya saing ISTN di bidang Sains dan Teknologi melalui penguatan pelayanan, kapasitas dan modernisasi

Saat ini ISTN telah memiliki Standar Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi serta Tatapamong yang sesuai dengan Statuta ISTN 2015, peraturan menteri Riset dan Teknologi no 44 th 2015 dan PP no 4 tahun 2014 tentang penyelenggaraan pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi. Perbaikan sistem tata kelola Institut telah dilakukan agar sesuai dengan persyaratan BAN PT yang diberlakukan Kemenristek dikti. Untuk itu diharapkan mulai tahun ini tata pamong, kepemimpinan, sistem pengelolaan, dan penjaminan mutu ISTN telah berhasil dilaksanakan dengan baik dengan kata lain ISTN telah menyelenggarakan good university governance.

Perbaikan sistem kepagawaian baik tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan sehingga jenjang kariernya lebih jelas dan terarah. Berbagai kegiatan seminar, workshop, pelatihan dan studi lanjut telah, sedang dan akan dilakukan secara bertahap dan berkesinambungan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas SDM, baik tenaga pendidik dan kependidikan. Seminar, lokakarya, workshop yang dilaksanakan oleh Prodi-prodi pada taraf Nasional maupun Internasional telah berlangsung dengan baik. Jumlah tenaga pendidik pada Prodi Farmasi, Apoteker, Elekro secara bertahap telah ditambah untuk meningkatkan kinerja Tridharma Perguruan Tinggi.

Kurikulum KKNI telah disusun dan akan diberlakukan mulai tahun ajaran 2017/2018. Metode pembelajaran SCL, sarana dan prasarana telah dirancang dan disiapkan untuk berlangsungnya kurikulum dengan baik. Sistem Informasi, sarana dan prasarana telah disiapkan secara bertahap untuk menghadapi pelaksanaan kurikulum KKNI. Pembangunan laboratorium dan pembaharuan peralatan laboratorium secara bertahap telah dilaksanakan sengan baik. Sarana dan prasarana untuk kegiatan ekstra kurikuler mahasiswa telah diperbaiki dan ditambah secara bertahap, sehingga suasana akademik di lingkungan kampus ISTN semakin bertambahn baik.

Sistem informasi yang dimiliki ISTN telah dikembangkan menjadi berbasis WEB. Dengan bekerja sama dengan BNI telah diaplikasikan system SPC yang memungkinkan kegiatan akademik maupun keuangan dapat dilaksanakan secara online, sehingga seluruh kegiatan akademik, kemahasiswaan maupun keuangan dapat real time dan transparan bagi sivitas akademika.

Kolaborasi dengan berbagai lembaga riset telah berlangsung sangat baik, dan pada bulan Januari 2017 telah dilakukan MOU dengan 100 perguruan tinggi dalam negeri dan empat perguruan tinggi luar negeri. Telah dilakukan kerjasama dengan berbagai perusahaan yang akan menunggu lulusan ISTN untuk bekerja di perusahaan tersebut.

Melalui perbaikan dan pengembangan ini diharapkan pada tahun 2018 akreditasi institusi ISTN akan naik menjadi terakreditasi A. Untuk itu kami seluruh sivitas akademika ISTN mohon doa dan dukungannya, semoga Allah SWT memberikan rahmat, hidayah, petunjuk, bimbingan, dan berkah Nya bagi terwujudnya visi dan misi ISTN.

Wassalamu alaikum Wr.Wb
Rektor

Dr. Dra. Lili Musnelina, M.Si, Apt

1830total visits,3visits today