Matematika S1

SEKILAS PRODI

Prodi  Matematika ISTN menitikberatkan pada bidang ilmu Matematika terapan. Selain diberikan matakuliah keahlian analisis dan aljabar juga disuguhkan matakuliah yang berkaitan dengan dunia kerja nyata yang dikemas dengan kurikulum peminatan Matematika terapan. Para mahasiswa prodi Matematika dibekali oleh dua hal tersebut yaitu selain piawai dalam bidangnya juga dituntut tuk biasa mengaplikasikan ilmunya di dunia kerja nyata. Sejak Tahun 2017 Kemendikti merubah gelar lulusan S1 matemati kadari Sarjana Sains ( S.Si ) menjadi Sarjana Matematika (S.Mat)

VISI PROGRAM STUDI

Menjadi  Program Studi  Yang Unggul dan Berdaya Saing Tinggi dalam Bidang Matematika Terapan Berbasis Riset dan Inovasi, di Era Global pada 2025”

 

MISI PROGRAM STUDI

  • Meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan tinggi bidang Matematika Terapan iberbasis riset dan inovasi dalam rangka meningkatkan daya saing bangsa;
  • Meningkatkan kualitas riset dan inovasi serta melakukan publikasi sebagai upaya pengembangan Matematika Terapandengan mengedepankan tata nilai, etika, norma dan budaya;
  • Meningkatkan kualitas pengabdian kepada masyarakat sebagai upaya penerapan dan pengembangan Matematika Terapan berbasis riset unggulan serta inovasi;
  • Meningkatkan kualitas tata kelola, profesionalitas, kapabilitas, akuntabilitas dan kemandirian penyelenggaraan Program Studi.

 

KONSENTRASI

  1. Statistika
  2. Keuangan
  3. Ekonomi

TENAGA PENDIDIK

  • Drs. Teguh Yuniarko, MM
  • Drs. Syarief Hidayatullah, M.Kom
  • Drs. Amir,MT
  • Amir Husin,M.Sc
  • Drs. Asyur Zaldi,M.Kom
  • Drs. Iwa Sungkawa,M.Sc
  • Alfi Maulani,S.Si,M.Si
  • Drs. Kurniawan Atamadja,M.Si

FASILITAS

  1. Laboratorium Statistika
  2. Laboratorium Matematika

Profil

Deskripsi Keahlian

Keunggulan

Akademisi/Peneliti
  1. Menguasai konsep teoritis matematika meliputi logika matematika, matematika diskrit, aljabar, analisis dan geometri, serta teori peluang dan statistika
  2. Memiliki kemampuan mengamati, mengenali, merumuskan dan memecahkan masalah melalui pendekatan matematika dengan atau tanpa bantuan piranti lunak
Memiliki pengalaman bekerjasama dengan dosen dalam model pembelajaran student centered learning yang menyangkut bidang pengajaran dan penelitian tugas akhir
Konsultan Pemodelan Matematika
  1. Memiliki kemampuan merekonstruksi, memodifikasi, menganalisis/berfikir secara terstruktur terhadap permasalahan matematika dari suatu sistem/masalah, mengkaji keakuratan dan mengintepretasikan
  2. Menguasai prinsip-prinsip pemodelan matematika dengan pendekatan pemrograman linier, persamaan diferensial, metode numeric, dan statistika dibidang ekonomi, keuangan, asuransi dan enjinering
Memiliki laboratorium pusat kajian pemodelan dan simulasi beserta modul untuk kasus-kasus ekonomi, keuangan, asuransi, dan engineering  yang dilengkapi dengan hardware dan software  pendukung yang mutakhir
Praktisi

(industri, jasa, pemerintahan)

  1. Mampu beradaptasi atau mengembangkan diri, baik dalam bidang matematika maupun bidang lainnya yang relevan
  2. Memiliki ketrampilan teknis menyangkut pemahaman dan ketrampilan didalam menjalankan aktifitas ditempat kerja tertentu
  3. Memiliki ketrampilan interpersonal, yaitu mampu berinteraksi secara efektif didalam organisasi kerja
  4. Memiliki ketrampilan diagnostik yang digunakan untuk menyelidiki masalah, menentukan perbaikan, dan menerapkan solusi
Berpengalaman dalam berbagai kegiatan organisasi kemahasiswaan didalam/luar kampus dan memiliki bekal kemampuan technopreneurship

156total visits,2visits today