Penerimaan Mahasiswa Baru Program Studi Profesi Apoteker (PSPA) ISTN
Semester Ganjil Tahun Akademik 2025/2026

Persyaratan Administrasi Pendaftaran PSPA ISTN

Untuk mempercepat proses pendaftaran, mohon siapkan dan lengkapi beberapa informasi dan dokumen berikut:

  • Ijazah S1: Scan Ijazah Asli Strata 1 Anda. Jika belum memiliki ijazah S1 dikarenakan baru lulus, maka bisa digantikan Surat Keterangan Lulus dengan syarat perlu melampirkan surat pernyataan bermaterai dan ditandatangi. Surat pernyataan tersebut menerangkan bahwa calon mahasiswa Profesi Apoteker akan menyerahkan dokumen ijazah asli paling lambat tanggal 8 Juli 2025 (29 Juli 2025 untuk Gelombang II). Bila calon mahasiswa tidak dapat menyerahkan ijazah pada tanggal yang sudah disepakati maka dianggap mengundurkan diri. Surat pernyataan yang telah dibuat dapat discan dan dijadikan satu file bersama dokumen SKL
  • Surat Pernyataan Keaslian Dokumen Pendaftaran PSPA: Dokumen ini dapat diunduh melalui tautan: s.id/dokumenaslipspa.
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP): scan KTP yang masih berlaku.
  • Transkrip S1: scan Transkrip Nilai Strata 1 Anda.
  • Surat Pernyataan Kesediaan Mengikuti Aturan Akademik PSPA: Dokumen ini dapat diunduh melalui tautan: s.id/ikutaturanpspa.
  • Pas Foto Berlatar Merah Terbaru: Pas foto terbaru dengan latar belakang merah.
  • Sertifikat Akreditasi Program Studi Sarjana Farmasi Asal: Sertifikat akreditasi program studi Sarjana Farmasi Anda dari perguruan tinggi asal, dengan minimal akreditasi C (Baik).
  • Surat Keterangan Bebas Buta Warna: Surat keterangan dari dokter spesialis mata yang menyatakan Anda tidak buta warna.
  • Surat Keterangan Bebas Narkoba: Surat keterangan bebas narkoba dari Rumah Sakit Pemerintah terbaru (dikeluarkan kurang dari 1 bulan sebelum tanggal pendaftaran), tidak ada ketentuan parameter spesifik.
  • Surat Pernyataan Kesanggupan Membayar Biaya Perkuliahan PSPA: Dokumen ini dapat diunduh melalui tautan: s.id/sanggupbayarpspa.
  • Surat Pernyataan Tidak Mundur Jika Dinyatakan Lulus Pendaftaran PSPA: Dokumen ini dapat diunduh melalui tautan: s.id/tidakmundurpspa.
  • Surat Izin atau Tugas Belajar dari Atasan (bagi yang sedang bekerja): Dokumen ini dapat diunduh melalui tautan: s.id/izinatasanpspa. Pendaftar yang sedang tidak bekerja, silahkan mengunggah dokumen dengan tulisan “Tidak Bekerja”.
  • Surat Keterangan Sehat Jiwa dan Jasmani: Surat keterangan sehat jiwa dan jasmani dari Rumah Sakit Pemerintah terbaru (dikeluarkan kurang dari 1 bulan sebelum tanggal pendaftaran).

FAQ (Frequently Asked Questions)
Pertanyaan yang Sering Diajukan

1. Pertanyaan Umum

2. Pertanyaan Seputar Perkuliahan

Pengumuman Lolos Seleksi Administrasi dan Tata Tertib Tes CBT (Gelombang I)

1. Nama Peserta Lolos Seleksi Administrasi dan Ketentuan Tes CBT (Gelombang I)

Klik Link Berikut untuk melihat daftar nama yang lolos seleksi administrasi. Peserta lolos seleksi administrasi berhak untuk mengikuti Tes CBT pada tanggal 5 Juli 2025. 

2. Tata Tertib Tes CBT 5 Juli 2025(Gelombang I)

•⁠  Peserta wajib menggunakan ⁠atasan kemeja berwarna putih dan bawahan rok/celana berwarna hitam

•⁠  ⁠Peserta wajib membawa KTP (bentuk fisik) sebagai tanda pengenal diri

•⁠  ⁠Peserta wajib membawa KARTU PESERTA TES secara fisik / sudah dicetak

•⁠  ⁠Peserta tidak diperkenankan membawa barang berharga dalam ruang tunggu

•⁠  ⁠Peserta wajib hadir tepat waktu pukul 12.00 WIB 

•⁠  ⁠Peserta wajib mengikuti briefing dari panitia tes seleksi di ruang tunggu

•⁠  ⁠Peserta wajib mengisi daftar hadir

3. Lokasi dan Sesi / Waktu Tes CBT

diadakan pada 12.00 WIB, Sabtu, 5 Juli 2025, Ruang CBT Center, Kampus ISTN

Seluruh peserta yang mengikuti Tes CBT (sesi 1, sesi 2, dan sesi 3) wajib hadir pada pukul 12.00 WIB untuk mengikuti briefing dan menunggu di ruang tunggu hingga waktu sesi tes dimulai, dan kembali menunggu di ruang tunggu setelah sesi tes-nya selesai.

Setiap peserta seleksi sudah ditempatkan ke sesi yang ditentukan. Periksa kembali Daftar Nama Peserta Lolos Seleksi untuk jadwal Anda.

4. Kartu Peserta Tes

Kartu Peserta Tes akan segera kami kirimkan ke alamat e-mail Anda masing-masing. Mohon periksa kotak masuk (inbox) serta folder spam atau junk e-mail Anda secara berkala.

Peserta wajib membawa KARTU PESERTA TES secara fisik / sudah dicetak selama tes.

Scroll to Top