Institut Sains dan Teknologi Nasional Jalin Kerjasama dengan BRIN Dorong Riset Kolaborasi

Puspiptek Serpong-Humas BRIN, Dalam rangka meningkatkan riset kolaborasi bidang lingkungan dan teknologi bersih, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) melalui Pusat Riset Lingkungan dan Teknologi Bersih (PRLTB) menjalin kerjasama dengan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Institut Sains dan Teknologi Nasional (ISTN), Selasa (13/12).

Kepala Pusat Riset Lingkungan dan Teknologi Bersih BRIN Sasa Sofyan Munawar dalam sambutannya mengatakan bahwa periset di PRLTB didorong untuk melakukan riset kolaboratif. Dengan riset kolaboratif nantinya banyak skema pendanaan riset yang bisa dimanfaatkan untuk riset, pengembangan sumber daya manusia iptek dan membangun budaya riset dan inovasi.

“saat ini PRLTB dengan jumlah 170 periset, baru 40% yang pendidikan S3 (doktor), target kami di tahun 2030 menjadi 70%” ungkapnya

Lebih lanjut Sasa menjelaskan bahwa banyak skema pendanaan riset yang bisa dimanfaatkan perguruan tinggi melalui manajemen talenta nasional bidang riset dan inovasi.

“karena ini dana riset dan inovasi nasional, jadi bisa diakses oleh banyak pihak, asal memenuhi persyaratan” tambahnya

Sementara itu Dekan FTSP-ISTN Lely Mustika menyampaikan dalam sambutannya kerjasama ini merupakan titik awal untuk langkah berikutnya. Menurut Lely, ISTN yang memiliki sejarah cukup panjang membutuhkan mitra startegis untuk dapat menangkap peluang-peluang yang ada saat ini.

“peluang-peluang yang dapat dimanfaatkan perguruan tinggi seperti hibah, pendanaan, kolaborasi riset hanya bisa diakses jika perguruan tinggi memiliki mitra, baik itu LSM, organisasi riset maupun industri.” ungkapnya

“bahkan untuk beberapa hal harus mitra internasional” tegasnya

Melalui kerjasama ini diharapkan akan muncul kegiatan-kegiatan riset kolaboratif yang menghasilkan teknologi tepat guna yang mendukung pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi serta pengembangan iptek di bidang lingkungan dan teknologi bersih yang bermanfaat bagi peningkatan kualitas hidup masyarakat. (arf/ed:ls,sj)

12073total visits,7visits today