Kunjungan Ilmiah 2022 Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil

Dengan dimulainya tahun akademik 2022/2023, Program Studi Teknik Sipil ISTN melaksanakan kegiatan Kunjungan Ilmiah (KUIL) yang merupakan kegiatan yang dilakukan upaya dalam menyiapkan para mahasiswanya agar mampu menjadi aset bangsa yang dapat terlibat dalam pembangunan di masa depan. Kunjungan Ilmiah ini dilaksanakan pada 27 September 2022 di  PT. Daya Cipta Anekareksa yang berlokasi di Jl. Raya Serang, km 10, Kecamatan Cikupa, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten.

Program yang telah dilaksanakan ini menjadi salah satu kegiatan kunjungan ilmiah yang dilakukan pada suatu pembangunan proyek maupun industri pabrik dengan tujuan untuk mengembangkan wawasan mahasiswa teknik sipil terhadap dunia kerja.

 

Daya Cipta Anekareksa merupakan pabrik yang berdiri sejak 1998. Pabrik ini bergerakdi bidangindustri, khususnya pada baja dan beton. Beberapa produk yang dihasilkan pada pabrik ini yaitu Mini Pile Square, Presstressed Spun Pile, Presstressed Square pile, Precast Wall serta beberapa produk baja dan beton lainnya.

 

Beberapa kegiatan yang dilakukan pada kunjungan ilmiah bulan lalu yaitu sebagai berikut.

  1. Pemberian Materi

 

Setelah sampai di tujuan, kami semua diarahkan untuk masuk ke ruangan yang bertujuan sebagai perkenalan serta pemberian materi dari beberapa produk yang dihasilkan oleh PT. DCA oleh Pak Denny.

 

  1. Compression Test (Uji Kuat Tekan Beton)

Sebelum dilakukannya compression test tentu akan dilakukan proses perendaman benda uji beton untuk perawatan keawetan beton.

Untuk mengetahui kekuatan bahan dari produk yang akan dihasilkan PT. DCA, dilakukan pengujian uji kuat tekan beton atau yang biasa disebut Compression Test. Beton yang di uji harus berumur 28 hari, dari sampel diambil pasca produksi tiang pancang, bebannya pun tidak boleh melebihi dari 0,8 kg. Hasil dari pengujian beton tersebut memiliki nilai kuat tekan sebesar 1100 KN.

 

 

  1. Pembuatan Tiang Pancang

Pada produksi tiang pancang, PT. Dayacipta Anekareksa memiliki 3 jenis tiang pancang yaitu Mini Pile Square, Presstressed Spun Pile dan Presstressed Square pile. Dalam kunjungan kali ini, kami mendapat kesempatan untuk melihat bagaimana proses pembuatan Presstressed Spun Pile, salah satu hal yang paling penting dalam proses produksi tiang pancang ini adalah kapasitas produksi tiang pancang itu sendiri. Kapasitas produksi ditentukan oleh optimalnya masing-masing tahapan proses.

Karyawan PT. DCA selaku pemandu dalam kegiatan kuil juga menjelaskan bahwa pada produksi pabrik ini, ukuran yang biasanya dibuat untuk spun pile memiliki panjang yaitu 13 m dan diameter 60 cm. Namun ukuran tiang pancang tersebut bisa juga berbeda tergantung dari permintaan konsumen.

 

 

  1. Pembesian dan Pengecoran Tiang Pancang Konvensional

Tiang pancang konvesional ini memiliki 2 macam yaitu menggunakan single plat dengan sengkang yang berjarak 3 cm dan menggunakan double plat, perbedaan pada tiang pancang ini ditandai dengan perbedaan warna plat. Apabila plat berwarna kuning maka menandakan ukuran tulangan D-13, apabila plat berwarna merah maka manandakan tulangan D-10, dan plat dengan warna biru menandakan tulangan D-16.

Setelah pelaksanaan pembesian pada tiang pancang dilanjut dengan pengecoran tiang pancang konvensional dengan panjang 6 meter.

 

  1. Pembuatan Baja Wide Flange

Pabrik ini juga menghasilkan beberapa produk baja seperti pembuatan Baja WF atau yang disebut Wide Flange. Baja WF merupakan jenis bahan bangunan yang digunakan untuk membangun rumah, jembatan, dan struktur lainnya. Pekerja disini juga menjelaskan bahwa produk Baja WF yang dihasilkan pada pabrik ini dapat dipergunakan untuk pembembuatan sambungan kolom serta dapat dimanfaatkan sebagai pembuatan tiang pamcang dan balik tiang.

 

  1. Precast Wall

 

Tak kalah penting, produk terakhir yang dihasilkan oleh PT. DCA adalah precast wall. Dengan penjelasan Pak Denny, Precast wall dapat difungsikan sebagai sambungan dinding agar lebih mempermudah pembangunan sebuah gedung. Umumnya, gedung yang menggunakan produk precast wall ini ditunjukkan untuk bangunan dengan 8 lantai.

Dengan diadakannya kunjungan ilmiah ini, mahasiswa diharap dapat mengenal dan memahami proses pekerjaan produksi baja dan beton serta precast wall yang dilakukan pada PT. Dayacipta Anekareksa dan dapat menjadi acuan sebagai kerjasama dalam penyediaan barang.

4092total visits,9visits today